Page Heading Image

Edukasi Cokelat

Hal-hal tentang cokelat yang perlu Anda ketahui

background image

Sejarah Singkat Mengenai Cokelat

Cokelat terbuat dari kakao (Theobroma Cacao) dan pertama kali ditemukan di wilayah Amazon utara Amerika Tengah. Biji cokelat pada masa peradaban Aztec disebut "makanan para dewa". Di masa lalu, biji kakao biasanya digunakan dalam upacara keagamaan dan atau sebagai hadiah. Cokelat adalah hal yang mewahan di MesoAmerica. Pada suku Maya kuno, Toltec, dan Aztec, biji kakao digunakan sebagai mata uang.

Pada awal abad ke-17, cokelat menjadi minuman populer terutama bagi orang Eropa. Sepanjang itu pula, cokelat menyebar di kalangan elit Eropa. Pada periode itu, cokelat dikonsumsi sebagai minuman. Baru pada abad ke-19, coklat padat (chocolate bar) ditemukan. Dan hari ini, coklat dapat dinikmati dalam berbagai bentuk.

Penelitian dalam Cokelat

Dari penelitian yang selama ini telah dilakukan masih menunjukkan bahwa cokelat masih sulit untuk didefinisikan, itulah mengapa hingga saat ini belum ada coklat buatan yang mampu menandingi cokelat asli. Ini karena cokelat dibuat dari campuran 1.200 jenis zat, tanpa satu pun rasa yang jelas dominan.

Titik leleh lemak coklat terletak di bawah suhu normal tubuh manusia. Untuk Anda ketahui, jika Anda memakan sepotong cokelat, lemak dari cokelat akan langsung meleleh di mulut Anda. Lemak kakao menciptakan rasa yang sangat lembut di mulut. Seperti penelitian terbaru menunjukkan bahwa coklat yang meleleh di dalam mulut memperkuat aktivitas otak dan detak jantung yang lebih kuat dari aktivitas yang dihasilkan dari hubungan seksual, dan juga akan terasa empat kali lebih lama bahkan setelah aktivitas ini berhenti.

Jenis-jenis Cokelat

Secara umum, cokelat yang ada di pasaran terdiri dari 2 jenis, Couverture (asli) dan Compound (imitasi). Couverture chocolate adalah campuran dari kakao massa dan mentega kakao, sedangkan coklat Coumpound adalah kombinasi dari bubuk cocoa dan minyak nabati (terbuat dari minyak jagung / minyak sawit).

Persentase pada label cokelat couverture menjelaskan berapa banyak produk cokelat tersebut mengandung cokelat couverture, misalnya 77%, yang jumlahnya mewakili campuran 77% couverture chocolate dengan kakao massa dan mentega kakao. Sementara itu, sisa 23% bisa terdiri dari susu, gula, lesitin dan vanila.

Berbeda dengan cokelat couverture, cokelat compound tidak menampilkan persentase bahan cokelat. Karena semakin banyak kandungan bubuk kakako, semakin cokelat kental. Senyawa coklat compound biasanya terdiri dari 50% gula serta 50% campuran lemak nabati dan bubuk coklat.

Saran Sebelum Memakan Cokelat

Periksa bahan pembuat yang digunakan dalam produk cokelat terlebih dahulu. Jika ada kakao mass di dalamnya, itu berarti bahwa produk tersebut menggunakan cokelat Couverture (asli). Tetapi jika menggunakan lemak nabati sebagai bahan utama, itu berarti produk yang dibuat oleh coklat compound (imitasi). Kakao Massa dan lemak nabati tidak dapat digunakan secara bersamaan karena karakteristik kimianya membuatnya tidak bisa bercampur.

KUNJUNGI KAMI

Untuk mengenal lebih jauh tentang cokelat dan keasliannya atau untuk mengetahui bagaimana cokelat dibuat, silakan kunjungi toko cokelat buatan kami di Gallerys Chocolate Story, Jalan Masjid. No. 2, Pagerdawung, Ringinarum, Kendal, Jawa Tengah.